Liturgical Calendar

PAUS FRANSISKUS DALAM MISA 16 Juni 2013: KATAKAN YA BAGI KEHIDUPAN, BUKAN KEMATIAN

"Marilah kita mengatakan 'Ya' bagi kehidupan dan bukan kematian". Inilah kata-kata Paus Fransiskus selama homilinya pada Misa hari Minggu pagi 16 Juni 2013 untuk merayakan Hari "Evangelium Vitae", hari merayakan Injil Kehidupan.

Sekitar 200.000 orang hadir di Lapangan Santo Petrus untuk Misa Kudus dan Doa Angelus yang dipimpin oleh Paus Fransiskus untuk menandai kegiatan Tahun Iman yang didedikasikan untuk Injil Kehidupan.


Dalam homilinya, Paus mencatat bagaimana Kitab Suci terus memberitahu kita betapa Allah adalah Yang Hidup yang melimpahkan kehidupan. Namun, beliau mengatakan bahwa "terlalu sering, orang-orang tidak memilih kehidupan, mereka tidak menerima 'Injil Kehidupan' tetapi membiarkan diri mereka dipimpin oleh ideologi dan cara berpikir yang menghalangi kehidupan, yang tidak menghargai kehidupan, karena mereka didikte oleh egoisme, kepentingan pribadi, keuntungan, kekuasaan dan kesenangan, dan bukan oleh kasih, oleh kepedulian bagi kebaikan orang lain.

Bapa Suci melanjutkan dengan mengatakan bahwa orang-orang bermimpi tentang membangun sebuah "Menara Babel" baru, sebuah kota manusia yang ada tanpa Allah. Mereka percaya bahwa penolakan terhadap "Allah, pesan Kristus, Injil Kehidupan, entah bagaimana akan menyebabkan kebebasan, menyempurnakan pemenuhan manusia".

Akibatnya, lanjut Paus, "Allah yang Hidup digantikan oleh berhala manusia yang cepat berlalu yang menawarkan kemabukan atas sekejab kebebasan, tetapi pada akhirnya membawa bentuk-bentuk baru perbudakan dan kematian".

Menutup homilinya, Paus Fransiskus menyerukan umat beriman untuk "mengatakan 'Ya' kepada Allah yang adalah kasih, kehidupan dan kebebasan, dan yang tidak pernah mengecewakan".

Dalam wejangan Angelusnya sesudah Misa, Paus Fransiskus menunjuk pada teladan sempurna dari seseorang yang mengikuti Injil Kehidupan. Ia menyerukan perhatian pada beatifikasi hari Sabtu, seorang suami dan ayah dari tujuh anak dari Capri, Italia yang dibunuh dalam kamp konsentrasi tahun 1944 karena bersaksi atas imannya. Beato Oduardo Focherini telah menyelamatkan nyawa yang tak terhitung jumlahnya dari penganiayaan Nazi sebelum kehilangan nyawanya sendiri.

Bapa Suci juga menyambut para peserta reli Harley-Davidson, menandai 110 tahun berdirinya produsen sepeda motor yang menjadi ikon Amerika. Lebih dari 100.000 pengendara motor telah berkumpul di Roma akhir pekan ini; 1.400 di antara mereka berikut motor Harley-nya diberkati oleh Paus saat mengikuti Doa Angelus.

Sumber : Radio Vatikan

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.