Liturgical Calendar

HOMILI PAUS FRANSISKUS DALAM MISA PENTAHBISAN IMAM 11 Mei 2014 : JIKA ANDA TIDAK MEMASUKI PELAYANAN ANDA MELALUI LUKA-LUKA YESUS, ANDA TIDAK AKAN MENJADI PARA GEMBALA YANG BAIK


Bacaan Ekaristi : Kis 2:14a.36-41; 1Ptr 2:30b-25; Yoh 10:1-10

Saudara-saudara yang terkasih, anak-anak dan saudara-saudara kita ini telah dipanggil untuk Tahbisan Presbiterat. Seperti Anda ketahui dengan baik, Tuhan Yesus adalah satu-satunya Imam Agung Perjanjian Baru, tetapi di dalam Dia seluruh umat Allah merupakan sebuah umat imami. Namun demikian, di antara semua murid-Nya, Tuhan Yesus ingin memilih beberapa orang secara khusus, sehingga, dalam nama-Nya, mereka bisa menjalankan secara terbuka jabatan imami dalam menyokong semua orang, melanjutkan perutusan pribadinya sebagai guru, imam dan gembala.

Setelah permenungan yang matang, kita akan mengangkat saudara-saudara kita ini kepada Tahbisan Presbiterat, sehingga mereka bekerja sama dalam pelayanan guru, imam dan gembala dari Kristus, untuk membangun Tubuh Kristus, yang adalah Gereja, dalam umat Allah dan bait suci Roh Kudus.

Mereka, pada kenyataannya, akan dirupakan kepada Kristus, Sang Imam Agung dan Kekal, yaitu, mereka akan ditahbiskan sebagai imam-imam sejati Perjanjian Baru, dan dengan gelar ini, yang mempersatukan mereka dalam imamat kepada Uskup mereka, mereka akan menjadi para pewarta Injil, para gembala umat Allah, dan akan memimpin tindak ibadah, terutama dalam perayaan pengorbanan Tuhan.
 
Dalam penghormatan kepada Anda, saudara-saudara dan anak-anak terkasih, yang akan segera diangkat kepada Tahbisan Presbiterat, mempertimbangkan bahwa, dengan menjalani pelayanan Ajaran Suci, Anda akan mengambil bagian dalam perutusan Kristus, satu-satunya guru. Bagikan kepada semua orang Sabda itu, yang Anda sendiri terima dengan sukacita dari para ibu Anda, dari para katekis Anda. Baca dan renungkan dengan tekun Sabda Tuhan untuk mempercayai apa yang Anda baca, untuk mengajarkan apa yang telah Anda pelajari dalam iman, untuk menghidupi apa yang telah Anda ajarkan.

Oleh karena itu, semoga ajaran Anda, yang bukan milik Anda, menjadi makanan umat Allah : Anda bukan para pemilik ajaran! Merupakan ajaran Tuhan, dan Anda harus setia kepada ajaran Tuhan!

Oleh karena itu, semoga ajaran Anda menjadi makanan umat Allah, sukacita dan kelangsungan pengikut Kristus, pengharum kehidupan Anda, sehingga dengan kata dan keteladanan Anda membangun rumah Allah, yakni Gereja.

Dengan demikian Anda akan melanjutkan karya pengorbanan Kristus. Melalui pelayanan Anda, pengorbanan rohani umat beriman menjadi sempurna karena digabungkan kepada pengorbanan Kristus, yang dipanjatkan oleh tangan Anda atas nama seluruh Gereja dengan jalan tanpa darah di altar, dalam perayaan misteri-misteri suci.
Maka sadarilah apa yang Anda lakukan, contohlah apa yang Anda rayakan, karena dengan keikutsertaan dalam misteri Wafat dan Kebangkitan Tuhan, Anda menanggung wafat Kristus dalam anggota-anggota Anda dan Anda berjalan bersama-Nya dalam kebaruan hidup.

Dengan Baptisan, Anda akan menambahkan pengikut baru dari umat Allah; dengan Sakramen Tobat, Anda akan mengampuni dosa-dosa dalam nama Kristus dan Gereja. Dan saya ingin berhenti sejenak di sini dan bertanya kepada Anda, demi kasih Yesus Kristus : jangan pernah lelah menjadi penuh belas kasih! Sudilah! Anda memiliki kapasitas pengampunan yang Tuhan miliki tersebut, yang tidak datang untuk menghukum, tetapi untuk mengampuni! Milikilah banyak belas kasih! Dan jika keberatan datang kepada Anda karena menjadi terlalu "mengampuni", pikirkanlah imam tersebut yang tentangnya saya berbicara kepada Anda, yang akan pergi di depan Tabernakel dan berkata : "Tuhan, ampuni saya jika saya telah terlalu banyak mengampuni. Tetapi adalah Engkau yang memberi saya contoh buruk!" Dan saya mengatakan kepada Anda, sungguh-sungguh : Saya merasakan begitu banyak kesedihan ketika saya bertemu umat yang tidak lagi pergi ke Pengakuan Dosa karena mereka dipukuli dan diteriaki. Mereka merasa bahwa pintu gereja tertutup dalam wajah mereka! Tolong, jangan lakukan ini : belas kasih, belas kasih! Gembala yang baik masuk melalui pintu dan pintu belas kasih adalah luka-luka Tuhan : jika Anda tidak masuk ke dalam pelayanan Anda melalui luka-luka Tuhan, Anda tidak akan menjadi para gembala yang baik.

Dengan Minyak Suci Anda akan memberikan sokongan kepada orang sakit, merayakan ritual-ritual suci dan meningkatkan dalam saat-saat yang berbeda dalam sehari doa pujian dan permohonan, Anda akan menjadi suara umat Allah dan suara hati nurani yang telah dipilih di antara laki-laki dan merupakan kemurahan hati mereka untuk mengurusi hal-hal Allah, menjalani dalam kegembiraan dan dalam amal kasih yang tulus karya imami Kristus, menjadi berhasrat menyenangkan Allah saja dan bukan diri Anda sendiri.

Dan pikirkan tentang apa yang dikatakan Santo Agustinus tentang para gembala yang berusaha menyenangkan diri mereka sendiri, yang terbiasa domba-domba Tuhan memiliki makanan dan mengenakan pakaian mereka sendiri, mengenakan keagungan sebuah pelayanan yang orang tidak tahu apakah itu berasal dari Allah. Pendeknya, dengan ikut serta dalam perutusan Kristus, kepala dan gembala, dalam persekutuan bakti bersama uskup Anda, berkarya untuk mempersatukan umat beriman dalam satu keluarga, untuk membimbing mereka kepada Allah Bapa melalui Kristus dalam Roh Kudus. Selalu menjaga di depan mata Anda teladan Sang Gembala yang Baik, yang bukan hanya dilayani, melainkan melayani serta untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.