Liturgical Calendar

HOMILI PAUS FRANSISKUS DALAM MISA BEATIFIKASI PAUS YOHANES PAULUS I (MISA HARI MINGGU BIASA XXIII) 4 September 2022

Bacaan Ekaristi : Keb. 9:13-18; Mzm. 90:3-4,5-6,12-13,14,17; Flm. 9b-10,12-17; Luk. 14:25-33.

 

Yesus sedang dalam perjalanan ke Yerusalem, dan Bacaan Injil hari ini mengatakan kepada kita bahwa “banyak orang berduyun-duyun mengikuti Yesus” (Luk 14:25). Bepergian dengan Yesus berarti mengikuti-Nya, menjadi murid-murid-Nya. Namun, pesan Tuhan kepada orang-orang itu tidak begitu menarik; sebenarnya, pesan tersebut cukup menuntut : Barangsiapa yang tidak mencintai-Nya lebih dari keluarganya sendiri, barangsiapa tidak memikul salibnya, barangsiapa tetap terikat pada barang-barang duniawi, tidak dapat menjadi murid-Nya (bdk. ayat 26-27.33). Mengapa Yesus mengatakan hal-hal ini kepada orang banyak? Apa yang dimaksud dengan peringatan-peringatan ini? Marilah kita mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

 

Pertama, kita melihat banyak orang mengikuti Yesus. Kita bisa membayangkan bahwa banyak yang tertarik dengan kata-kata-Nya, heran dengan hal-hal yang Ia lakukan, dan melihat-Nya sebagai sumber harapan untuk masa depan. Apa yang akan dilakukan oleh guru manapun pada waktu itu atau, dalam hal ini, apa yang akan dilakukan oleh para pemimpin yang cerdik, melihat bahwa kata-kata dan karisma-Nya menarik banyak orang dan meningkatkan popularitas-Nya? Hal yang sama terjadi hari ini, pada saat krisis pribadi atau sosial, ketika kita menjadi mangsa perasaan marah atau takut akan hal-hal yang mengancam masa depan kita. Kita menjadi lebih rentan dan dengan demikian, pada gelombang emosi, kita melihat mereka yang dapat dengan cerdik memanfaatkan situasi, mengambil keuntungan dari ketakutan masyarakat dan berjanji untuk menjadi "penyelamat" yang dapat menyelesaikan semua masalahnya, padahal kenyataannya mereka mencari persetujuan yang lebih luas dan kekuasaan yang lebih besar, berdasarkan kesan yang mereka buat, kemampuan mereka untuk menangani segala sesuatu.

 

Bacaan Injil memberitahu kita bahwa ini bukan jalan Yesus. Gaya Allah berbeda. Penting untuk memahami gaya Allah, bagaimana Ia bertindak. Allah bertindak menurut suatu gaya, dan gaya Allah berbeda dengan gaya orang-orang tertentu, karena Ia tidak mengeksploitasi kebutuhan kita atau menggunakan kerentanan kita untuk kepentingan-Nya. Ia tidak ingin merayu kita dengan janji-janji yang menipu atau membagikan bantuan murahan; Ia tidak tertarik pada kerumunan orang banyak. Ia tidak terobsesi dengan angka; Ia tidak meminta persetujuan; Ia tidak mengidolakan kesuksesan pribadi. Sebaliknya, Ia tampak khawatir ketika orang-orang mengikuti-Nya dengan penuh semangat dan antusias. Akibatnya, alih-alih menyerah pada daya pikat popularitas – karena popularitas itu memikat – Ia meminta setiap orang untuk memahami dengan cermat alasan mereka mengikuti-Nya dan konsekuensi yang akan ditimbulkannya. Sebagian dari orang banyak itu mungkin telah mengikuti Yesus karena mereka berharap Ia akan menjadi seorang pemimpin yang dapat membebaskan mereka dari musuh-musuh mereka, seseorang yang, sekali berkuasa, dapat berbagi kuasa itu dengan mereka, atau seseorang yang dengan melakukan mukjizat dapat mengenyahkan kelaparan dan penyakit. Kita dapat mengikuti Tuhan untuk sejumlah alasan. Beberapa di antaranya, harus diakui, bersifat duniawi. Lahiriah religius yang sempurna dapat berfungsi untuk menyembunyikan kepuasan kebutuhan kita, pencarian prestise pribadi kita, keinginan untuk status sosial tertentu atau untuk menjaga hal-hal di bawah kendali, haus akan kekuasaan dan hak istimewa, keinginan untuk pengakuan dan sebagainya. Hal ini terjadi bahkan saat ini di antara umat kristiani. Namun itu bukanlah gaya Yesus. Itu tidak bisa menjadi gaya murid-murid-Nya dan Gereja-Nya. Jika seseorang mengikuti Yesus dengan kepentingan pribadi seperti ini, ia telah salah jalan.

 

Tuhan menuntut sikap yang berbeda. Mengikuti-Nya tidak berarti menjadi bagian dari pengadilan atau prosesi kemenangan, atau bahkan menerima polis asuransi seumur hidup. Sebaliknya, mengikuti Tuhan berarti “memikul salib” (Luk 14:27) : memikul, seperti Dia, beban sendiri dan orang lain, menjadikan hidup kita sebagai karunia, bukan kepemilikan, menghabiskannya dengan meneladan kemurahan hati dan kasih sayang-Nya kepada kita. Ini adalah keputusan yang melibatkan totalitas hidup kita. Karena alasan ini, Yesus menginginkan agar murid-murid-Nya tidak memilih apa pun untuk cinta ini, bahkan kasih sayang terdalam dan harta terbesar mereka.

 

Untuk melakukan hal ini, kita perlu memandang Dia lebih dari pada diri kita sendiri, belajar bagaimana mencintai, dan mempelajari hal ini dari Yesus yang tersalib. Di dalam Dia, kita melihat cinta yang melimpahkan dirinya sampai akhir, tanpa ukuran dan tanpa batas. Ukuran cinta adalah mencintai tanpa ukuran. Dalam kata-kata Paus Yohanes Paulus, “kita adalah obyek cinta abadi Allah” (Doa Malaikat Tuhan, 10 September 1978). Cinta abadi : cinta tidak pernah tenggelam di bawah cakrawala kehidupan kita; cinta menyinari kita dan menerangi bahkan malam tergelap kita. Ketika kita memandang kepada Tuhan yang tersalib, kita dipanggil menuju ketinggian cinta itu, dimurnikan dari ide-ide kita yang menyimpang tentang Allah dan dari keasyikan diri kita, serta mencintai Allah dan sesama, dalam Gereja dan masyarakat, termasuk mereka yang tidak melihat hal-hal yang kita lakukan, mencintai bahkan musuh kita.

 

Mencintai bahkan dengan harga pengorbanan, keheningan, kesalahpahaman, kesendirian, perlawanan dan penganiayaan. Mencintai dengan cara ini, bahkan dengan harga ini, karena, sebagaimana juga dikatakan Beato Yohanes Paulus, jika kamu ingin mencium Yesus yang tersalib, “kamu tidak dapat menahan diri untuk tidak membungkuk di atas salib dan membiarkan dirimu ditikam oleh beberapa duri dari mahkota di atasnya. kepala Tuhan” (Audiensi Umum, 27 September 1978). Cinta yang bertahan sampai akhir, duri dan segalanya : tidak meninggalkan hal-hal setengah jadi, tidak ada jalan pintas, tidak ada kesulitan melarikan diri. Jika kita gagal mencapai tujuan yang tinggi, jika kita menolak untuk mengambil risiko, jika kita puas dengan iman yang encer, kita, seperti yang dikatakan Yesus, seperti mereka yang ingin membangun sebuah menara tetapi tidak memperkirakan biayanya; mereka "meletakkan dasar", tetapi kemudian "tidak dapat menyelesaikannya" (ayat 29). Jika rasa takut kehilangan diri kita membuat kita berhenti memberi diri kita, kita meninggalkan hal-hal yang belum terselesaikan : hubungan dan pekerjaan kita, tanggung jawab dan komitmen kita, impian kita dan bahkan iman kita. Dan kemudian kita akhirnya menjalani hidup setengah jalan – dan berapa banyak orang yang menjalani hidup setengah jalan, dan kita juga sering tergoda untuk menjalani hidup setengah jalan – tanpa pernah mengambil langkah tegas – inilah artinya menjalani hidup setengah jalan – tanpa pernah terbang, tanpa pernah mengambil risiko untuk kebaikan, dan tanpa pernah benar-benar berkomitmen untuk membantu orang lain. Yesus menanyakan hal ini kepada kita secara tepat : hayati Injil dan kamu akan menghayati hidupmu, bukan setengah jalan tetapi sepenuhnya. Hayati Injil, hayati hidup, tanpa kompromi.

 

Saudara-saudari terkasih, Beato kita yang baru hidup seperti itu : dalam sukacita Injil, tanpa kompromi, penuh kasih sampai akhir. Ia mewujudkan kemiskinan murid, yang tidak hanya terlepas dari harta benda, tetapi juga kemenangan atas godaan untuk menempatkan diri di pusat, mencari kemuliaan diri. Sebaliknya, mengikuti teladan Yesus, ia adalah seorang gembala yang lemah lembut dan rendah hati. Ia menganggap dirinya sebagai debu yang pada dirinya Allah berkenan untuk menulis (bdk. A. Luciani/Yohanes Paulus I, Opera Omnia, Padua, 1988, vol. II, 11). Itulah sebabnya ia bisa mengatakan: “Tuhan sangat menganjurkannya : jadilah rendah hati. Bahkan jika kamu telah melakukan hal-hal besar, katakanlah : 'Kami adalah hamba yang tidak berguna'” (Audiensi Umum, 6 September 1978).

 

Dengan senyuman, Paus Yohanes Paulus berhasil menyampaikan kebaikan Tuhan. Alangkah indahnya Gereja dengan wajah bahagia, teduh dan tersenyum, Gereja yang tidak pernah menutup pintu, tidak pernah mengeraskan hati, tidak pernah mengeluh atau menyimpan dendam, tidak menjadi marah atau tidak sabar, tidak terlihat muram atau menderita nostalgia masa lalu, jatuh ke dalam sikap mundur. Marilah kita berdoa kepadanya, bapa kita dan saudara kita, dan memintanya untuk mendapatkan bagi kita "senyuman jiwa", senyuman transparan yang tidak menipu, senyuman jiwa. Marilah kita berdoa, dengan kata-katanya : “Tuhan, terimalah aku apa adanya, dengan segala aibku, dengan kekuranganku, tetapi jadikanlah aku seperti yang Engkau inginkan” (Audiensi Umum, 13 September 1978). Amin.

_____

(Peter Suriadi - Bogor, 4 September 2022)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.