Liturgical Calendar

HOMILI PAUS FRANSISKUS DALAM MISA PESTA YESUS MENAMPAKKAN KEMULIAAN-NYA (HARI ORANG MUDA SEDUNIA) DI PARQUE TEJO, LISBON (PORTUGAL) 6 Agustus 2023 : BERCAHAYA, MENDENGARKAN DAN JANGAN TAKUT

Bacaan Ekaristi : Dan. 7:9-10,13-14; Mzm. 97:1-2,5-6,9; 2Ptr. 1:16-19; Mat. 17:1-9.


Setelah hari-hari yang menyenangkan ini, tentu saja kita ingin mengulangi kata-kata Rasul Petrus di atas gunung perubahan rupa : “Tuhan, sungguh baik kita berada di tempat ini!” (Mat 17:4). Memang, alangkah baiknya ambil bagian dalam pengalaman ini bersama Yesus, bersama yang lainnya, dan berdoa bersama dengan hati yang penuh sukacita. Sekarang, kita juga dapat mengajukan pertanyaan penting: Apa yang akan kita bawa kembali saat kita melanjutkan kehidupan sehari-hari kita?


Saya ingin menjawab pertanyaan ini dengan tiga kata kerja, yang diambil dari Bacaan Injil yang telah kita dengar : bercahaya, mendengar, dan tidak takut. Apa yang akan kita bawa kembali? Saya akan menjawab dengan tiga kata ini : bercahaya, mendengarkan dan jangan takut.


Kata yang pertama : bercahaya. Yesus berubah rupa. Bacaan Injil memberitahu kita : "wajah-Nya bercahaya seperti matahari" (Mat 17:2). Sesaat sebelum ini, Ia telah meramalkan sengsara dan wafat-Nya di kayu salib, menghancurkan gambaran para murid tentang Mesias yang berkuasa dan duniawi, serta mengecewakan harapan mereka. Sekarang, untuk membantu mereka merangkul rencana kasih Allah bagi kita masing-masing, Yesus membawa tiga murid, Petrus, Yakobus, dan Yohanes, serta memimpin mereka ke atas gunung, di mana Ia berubah rupa. Melalui pancaran cahaya yang cemerlang ini, Yesus mempersiapkan para murid untuk malam kelam sengsara-Nya.

Para sahabat muda yang terkasih, hari ini kita juga membutuhkan pancaran cahaya ini, sehingga dapat memenuhi diri kita dengan harapan saat kita menghadapi banyak kegagalan setiap hari dan kegelapan yang melanda hidup, serta menanggapinya dengan terang kebangkitan Yesus. Karena Ia adalah terang yang tidak pernah terbenam, terang yang bercahaya bahkan di tengah malam. Seperti dikatakan imam Ezra, Allah telah membuat mata kita bercahaya (bdk. Ezr 9:8). Allah kita membuat bercahaya : Ia membuat bercahaya visi kita, hati kita, pikiran kita, keinginan kita untuk melakukan sesuatu dengan hidup kita. Terang Allah selalu bercahaya.


Tetapi, saya ingin mengatakan kepadamu bahwa kita tidak memancarkan cahaya dengan menempatkan diri kita pada lampu sorot, karena jenis cahaya itu menyilaukan. Tidak, kita tidak dapat menerangi orang lain dengan memproyeksikan citra diri kita yang sempurna, tertata rapi, beradab, atau tampak berkuasa dan sukses, kuat tetapi tanpa cahaya. Tidak, kita memancarkan cahaya – kita bercahaya – dengan menyambut Yesus ke dalam hati kita dan belajar untuk mengasihi seperti Dia. Mengasihi seperti Yesus : itulah yang membuat kita bercahaya, membuat kita melakukan karya kasih. Para sahabat, saya mengatakan yang sebenarnya: setiap kali kamu melakukan karya kasih, kamu bercahaya. Tetapi ketika kamu berhenti mengasihi orang lain dan menjadi egois, kamu memadamkan cahayamu.


Kata kerja kedua adalah mendengarkan. Di gunung, awan cerah menaungi para murid. Dan apa yang dikatakannya kepada kita, awan tempat asal Bapa berbicara? “Inilah Putra-Ku yang terkasih… dengarkanlah Dia!” (Mat 17:5). Dengarkanlah Dia. Mendengarkan Yesus, itulah rahasia hidup. Dengarkanlah apa yang dikatakan Yesus kepadamu. "Tetapi aku tidak tahu apa yang dikatakan-Nya kepadaku". Nah, ambillah Injil dan bacalah di sana apa yang dikatakan Yesus, apa yang dikatakan-Nya ke dalam hatimu. Karena Ia memiliki kata-kata kehidupan kekal untuk kita, Ia mengungkapkan Allah adalah Bapa kita, Allah adalah kasih. Ia menunjukkan kepada kita jalan kasih. Dengarkanlah Yesus; sebaliknya, bahkan jika kita berangkat dengan niat baik di sepanjang jalan yang tampaknya kasih, pada akhirnya jalan itu akan terlihat sebagai keegoisan yang disamarkan sebagai kasih. Berhati-hatilah terhadap keegoisan yang disamarkan sebagai kasih! Dengarkanlah Yesus, karena Ia akan menunjukkan jalan mana yang merupakan jalan kasih. Dengarkanlah Dia.


Kata pertama: bercahaya, jadi berseri-seri; maka, dengarkanlah agar tidak mengambil jalan yang salah; akhirnya kata ketiga: jangan takut. Jangan takut. Kita sering menemukan kata-kata ini di dalam Kitab Suci, di dalam Injil: “Jangan takut”. Ini adalah kata-kata terakhir yang diucapkan Yesus kepada para murid pada saat peristiwa perubahan rupa : "Jangan takut!" (Mat 17:7).


Sebagai orang muda, kamu telah mengalami hari-hari penuh sukacita ini – saya akan mengatakan tentang kemuliaan, dan memang pertemuan kita telah menjadi semacam kemuliaan. Kamu memiliki impian yang hebat, tetapi sering kali takut impian itu mungkin tidak menjadi kenyataan; terkadang kamu berpikir bahwa kamu tidak siap menghadapi tantangan, yang merupakan semacam pesimisme yang terkadang dapat mengalahkan diri kita. Sebagai orang muda, saat ini kamu mungkin tergoda untuk berkecil hati, berpikir kamu gagal, atau menyamarkan rasa sakitmu dengan senyuman. Sebagai orang muda, kamu ingin mengubah dunia – dan sangat baik jika kamu ingin mengubah dunia – kamu ingin bekerja untuk keadilan dan perdamaian. Kamu mencurahkan seluruh energi dan kreativitas hidupmu untuk hal ini, tetapi tampaknya masih belum cukup. Tetapi, Gereja dan dunia membutuhkanmu, orang muda, sama seperti bumi membutuhkan hujan. Kepada kamu semua, orang muda yang terkasih, yang adalah masa kini dan masa depan, ya untuk kamu semua, Yesus sekarang berkata, “Jangan takut”, “Jangan takut!”.


Sekarang, dalam keheningan sejenak, kamu masing-masing mengulangi kata-kata ini, di dalam hatimu : “Jangan takut!”


Orang muda yang terkasih, saya ingin menatap matamu masing-masing dan berkata : Jangan takut. Saya akan memberitahumu hal lain, juga hal yang sangat indah: bukan lagi saya, tetapi Yesus sendiri yang sekarang melihatmu. Ia mengetahui setiap hatimu, setiap hidupmu; Ia tahu sukacitamu, kesedihanmu, kesuksesan dan kegagalanmu. Ia tahu hatimu. Hari ini, Ia berkata kepadamu, di sini di Lisbon, pada Hari Orang Muda Sedunia ini: “Jangan takut, kuatkan hati, jangan takut!”.

______

(Peter Suriadi - Bogor, 8 Agustus 2023)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.