Liturgical Calendar

HOMILI PAUS FRANSISKUS DALAM MISA HARI KAMIS PUTIH DI PENJARA REGINA CAELI (ROMA) 29 Maret 2018 : YESUS MEMPERTARUHKAN DIRI-NYA DENGAN MELAYANI

Bacaan Ekaristi : Kel. 12:1-8,11-14; Mzm. 116:12-13,15-16bc,17-18; 1Kor. 11:23-26; Yoh. 13:1-15.

Yesus mengakhiri pengajaran-Nya dengan mengatakan : “Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu" (Yoh 13:15) - membasuh kaki. Pada saat itu, para budak membasuh kaki : membasuh kaki adalah tugas seorang budak. Orang-orang berjalan di jalanan, tidak ada trotoar apapun; tidak ada jalanan berbatu apapun. Pada waktu itu ada debu di jalanan dan kaki orang-orang menjadi kotor. Dan, di pintu masuk sebuah rumah, ada para budak yang membasuh kaki. Dan Yesus ingin melakukan pelayanan ini, memberi kita teladan bagaimana kita harus saling melayani.

Suatu kali, ketika mereka sedang berjalan, dua orang murid yang ingin maju, bertanya kepada Yesus apakah mereka dapat menduduki kedudukan penting, satu di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri (bdk. Mrk 10:35-45). Dan Yesus memandang mereka dengan kasih - Yesus selalu melihat dengan kasih - dan Ia berkata : "Kamu tidak tahu apa yang kamu minta" (ayat 38). Para pemerintah bangsa-bangsa - Yesus berkata – memerintah, telah melayani diri mereka dan baik-baik saja (bdk. ayat 42). Kita berpikir tentang masa raja-raja tersebut, masa para kaisar yang sangat kejam, yang diri mereka telah dilayani oleh para budak ... Tetapi di antara kamu - kata Yesus - tidak boleh demikian : barangsiapa ingin memerintah harus melayani. Pemerintahmu harus menjadi pelayanmu (bdk. ayat 43). Yesus menjungkirbalikkan kebiasaan sejarah, kebiasaan budaya masa itu - juga hari ini -, barangsiapa yang memerintah, jadilah pemerintah yang baik, di mana pun ia mungkin berada, harus melayani. Saya sering berpikir - bukan saat ini karena semua orang masih hidup dan memiliki kesempatan untuk mengubah kehidupannya dan kita tidak bisa menghakimi, tetapi kita memikirkan sejarah, jika banyak raja, kaisar, kepala negara telah memahami ajaran Yesus ini dan bukannya memerintah, kejam, membunuh orang, telah melakukan ini, berapa banyak peperangan yang tidak akan pernah terjadi! Pelayanan: ada, sungguh-sungguh, orang-orang yang tidak memudahkan sikap ini, orang-orang yang arogan, orang-orang yang menjijikkan, orang-orang yang mungkin menginginkan satu kejahatan, tetapi kita dipanggil bahkan untuk semakin melayani mereka. Dan ada juga orang-orang yang menderita, yang dicampakkan oleh masyarakat, setidaknya untuk satu rentang waktu, dan Yesus pergi ke sana untuk mengatakan kepada mereka : Kalian penting bagi-Ku. Yesus datang untuk melayani kita, dan tanda bahwa Yesus melayani kita di sini hari ini, di penjara Regina Caeli, yaitu Ia ingin memilih 12 orang dari kalian, sebagai 12 Rasul, untuk membasuh kaki. Yesus mengambil resiko dengan kita masing-masing. Ketahuilah ini : Yesus disebut Yesus; Ia tidak disebut Ponsius Pilatus. Yesus tidak tahu apa-apa tentang mencuci tangan-Nya : Ia hanya tahu bagaimana mengambil resiko. Pandanglah gambaran yang sangat indah ini : Yesus membungkuk di antara semak berduri, mengambil resiko terluka, menjemput domba yang hilang.

Hari ini saya, yang adalah orang berdosa seperti kalian, tetapi saya mewakili Yesus, saya adalah utusan Yesus. Hari ini, ketika saya membungkuk di hadapan kalian masing-masing, berpikir : “Yesus telah mengsmbil resiko dengan orang ini, seorang pendosa, untuk datang kepadaku dan memberitahu aku bahwa Ia mengasihiku". Inilah pelayanan; inilah Yesus : Ia tidak pernah meninggalkan kita; Ia tidak pernah lelah mengampuni kita. Ia sangat mengasihi kita. Lihatlah bagaimana Yesus mengambil resiko!

Maka, dengan kepekaan perasaan ini, kita melanjutkan dengan upacara ini, yang bersifat simbolis. Sebelum memberikan tubuh-Nya dan darah-Nya, Yesus mengambil resiko bagi kita masing-masing, dan Ia mengambil resiko dalam pelayanan karena Ia sangat mengasihi kita.

* * *

Pada salam damai, Bapa Suci mengucapkan kata-kata ini :

Dan sekarang, kita semua - saya yakin bahwa kita semua - memiliki keinginan untuk berdamai dengan semua orang. Tetapi, di dalam hati kita sering ada kepekaan perasaan yang berlawanan. Sangat mudah untuk berdamai dengan mereka yang kita kasihi dan dengan mereka yang melakukan kebaikan terhadap kita; tetapi tidak mudah untuk berdamai dengan mereka yang telah berbuat salah terhadap kita, yang tidak mengasihi kita, dengan orang yang kita musuhi. Dalam keheningan, untuk sesaat, kita masing-masing memikirkan orang-orang yang mengasihi kita dan orang-orang yang tidak kita kasihi, serta juga kita masing-masing memikirkan orang-orang yang tidak mengasihi kita dan juga mereka yang tidak kita kasihi dan juga - lebih tepatnya - orang-orang yang terhadapnya kita ingin membela diri. Dan, dalam keheningan, marilah memohonkan kepada Tuhan rahmat untuk memberikan kepada semua orang, orang baik dan orang jahat, karunia perdamaian.

[Kata-kata penutup Bapa Suci]

Berikut adalah kata-kata Bapa Suci, sebagai tanggapan atas sambutan Direktur Penjara Regina Caeli dan seorang narapidana, di akhir kunjungan ke penjara tersebut.

Anda telah berbicara tentang penampilan baru : tentang memperbarui penampilan. . . Ini bagus karena, seusia saya, misalnya, orang menderita katarak, dan orang tidak melihat dengan baik kenyataan : tahun depan kita harus menjalani campur tangan. Tetapi demikianlah terjadi dengan jiwa : karya kehidupan, kelelahan, kesalahan, kekecewaan menggelapkan penampilan, penampilan jiwa. Oleh karena itu, benarlah apa yang Anda katakan : manfaatkanlah peluang untuk memperbarui penampilan. Dan seperti yang saya katakan di Lapangan Santo Petrus [dalam Audiensi Umum kemarin] di banyak negara, tetapi juga di negara saya, ketika lonceng kebangkitan Tuhan terdengar, para ibu, para nenek membawa anak-anak untuk membasuh mata mereka sehingga mereka memiliki penampilan harapan dari Kristus yang bangkit. Jangan pernah bosan memperbarui penampilan Anda, melakukan campur tangan katarak terhadap jiwa, setiap hari, tetapi selalu perbaruilah penampilan Anda. Ini suatu upaya yang bagus.

Anda semua tahu botol anggur setengah penuh : jika saya melihatnya setengah kosong, kehidupan mengerikan, mengerikan, tetapi jika melihatnya setengah penuh, saya masih punya sesuatu untuk diminum. Penampilan yang terbuka terhadap harapan, sebuah kata yang Anda katakan dan juga Anda [Direktur] katakan; dan Anda mengulanginya beberapa kali. Orang tidak dapat membayangkan sebuah penjara seperti penjara ini tanpa harapan. Para tamu berada di sini untuk belajar, atau mendapati "taburan harapan" tumbuh : di sana tidak hanya kalimat - hanya kalimat! - tanpa kalimat tersebut terbuka terhadap harapan; sebuah kalimat yang tidak terbuka terhadap harapan tidak bersifat kristiani, kalimat tersebut tidak manusiawi!

Ada kesulitan-kesulitan dalam kehidupan, hal-hal yang mengerikan, kesedihan - orang memikirkan dirinya sendiri, ibu, ayah, istri, suami, anak-anaknya ... kesedihan tersebut mengerikan. Tetapi jangan biarkan diri Anda terpuruk : tidak, tidak. Aku berada di sini tetapi untuk disertakan kembali, diperbarui. Dan inilah harapan; menabur harapan - selalu, selalu. Inilah karya Anda : membantu menabur harapan penyertaan kembali dan hal ini akan ada baiknya bagi semua orang - selalu. Setiap kalimat harus terbuka terhadap cakrawala harapan. Oleh karena itu, hukuman mati tidak bersifat manusiawi ataupun kristiani. Setiap kalimat harus terbuka terhadap harapan; setiap kalimat harus terbuka terhadap penyertaan kembali, juga untuk berbagi pengalaman hidup untuk kebaikan orang lain.


Air kebangkitan, penampilan baru, harapan : Saya mengharapkan ini bagi Anda. Saya tahu bahwa tuan rumah Anda telah bekerja keras untuk mempersiapkan kunjungan ini, bahkan mengapur dinding. Saya berterima kasih pada Anda. Bagi saya adalah tanda kebajikan dan keramahan serta saya sangat berterima kasih. Saya dekat dengan Anda, saya mendoakan Anda, dan Anda mendoakan saya dan jangan melupakan : air yang membuat penampilan baru, dan harapan.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.