Liturgical Calendar

PAUS FRANSISKUS DALAM MISA 20 September 2013 : CINTA AKAN UANG ADALAH AKAR SEGALA KEJAHATAN

Cinta akan uang adalah akar segala kejahatan : peringatan keras yang terkandung dalam Surat Pertama Santo Paulus kepada Timotius (6:2c-12) tersebut adalah pokok homili Paus Fransiskus pada Misa Jumat pagi 20 September 2013 di Casa Santa Marta.

Bercermin pada jalan yang di dalamnya keserakahan dapat merusak hati kita dan melemahkan iman kita, Paus menekankan kita tidak pernah dapat melayani Allah dan uang pada saat yang sama. Uang, Paus melanjutkan, menyebabkan benak kita jatuh sakit, meracuni pikiran kita, bahkan meracuni iman kita, menuntun kita ke jalan kecemburuan, pertengkaran, kecurigaan dan perseteruan. Sementara uang mulai dengan menawarkan sebuah rasa kesejahteraan, jika kita tidak hati-hati kekayaan dengan cepat dapat menyebabkan kesombongan, mementingkan diri sendiri dan dosa kesombongan.


Paus Fransiskus mencatat banyak orang mungkin akan berkeberatan karena Sepuluh Perintah tidak mengatakan apa-apa tentang kejahatan akan uang. Namun ketika kita menyembah uang, beliau berkata, kita sedang berdosa terhadap Perintah pertama dan menjadikan uang berhala kita dalam tempat Allah. Para Bapa Gereja awal, beliau berkata, meletakkannya dalam sebuah cara yang sangat blak-blakan, menyebut uang kotoran setan yang merusak dan menjauhkan kita dari iman kita.

Alih-alih berfokus pada uang, Paus mengatakan, kita harus mengusahakan keadilan, kesalehan, iman dan amal, serta karunia kesabaran dan kelemahlembutan yang merupakan jalan Tuhan. Paus Fransiskus menyimpulkan dengan kehendak agar Allah sudi membantu kita masing-masing untuk menghindari jatuh ke dalam perangkap menjadikan uang berhala kita.

Sumber : Radio Vatikan

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.