Liturgical Calendar

HOMILI PAUS FRANSISKUS DALAM MISA PESTA PEMBAPTISAN TUHAN 10 Januari 2016

Empat puluh hari setelah kelahiran-Nya, Yesus dibawa ke Bait Allah. Maria dan Yosef membawa-Nya untuk mempersembahkan-Nya kepada Allah. Hari ini, pada Pesta Pembaptisan Tuhan, kalian, para orang tua, membawa anak-anak kalian untuk dibaptis, untuk menerima apa yang kalian minta di awal, ketika saya mengajukan kepada kalian semua pertanyaan pertama : "Iman. Aku menginginkan iman bagi anakku". Dan maka, iman diteruskan dari generasi ke generasi, seperti sebuah rantai, dalam perjalanan waktu.

Bayi-bayi laki-laki dan perempuan ini, selama bertahun-tahun, akan mengambil tempat kalian bersama anak lainnya - cucu-cucu kalian - dan mereka akan meminta hal yang sama : iman. Iman yang diberikan Baptisan kepada kita. Iman yang dihasilkan Roh Kudus dalam hati, jiwa, dan dalam kehidupan anak-anak kalian.

Kalian meminta iman. Gereja, ketika kalian menyerahkan lilin yang menyala, akan mengatakan kepada kalian untuk menjaga iman dalam anak-anak ini. Dan, akhirnya, jangan lupa bahwa warisan terbesar ini yang bisa kalian berikan kepada anak-anak kalian adalah iman. Hati-hati agar ini tidak hilang, sehingga ia dapat tumbuh dan mewariskan.

Hari ini, saya berharap, agar dalam hari bersukacita untuk kalian semua ini : Saya berharap kalian mampu membuat anak-anak ini tumbuh dalam iman, dan agar warisan terbesar yang mereka terima dari kalian, benar-benar, merupakan iman.

Dan hanya sebuah peringatan: Ketika seorang bayi menangis karena ia lapar, kepada para mama, saya katakan : jika anak kalian lapar, berilah mereka makan di sini, dengan kebebasan penuh.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.