Liturgical Calendar

HOMILI PAUS FRANSISKUS DALAM MISA HARI KAMIS PUTIH DI PENJARA WANITA REBIBBIA, ROMA 28 Maret 2024 : TUHAN TIDAK PERNAH LELAH MENGAMPUNI

Bacaan Ekaristi : Kel. 12:1-8,11-14; Mzm. 116:12-13,15-16bc,17-18; 1Kor. 11:23-26; Yoh. 13:1-15.

 

Pada perjamuan malam kali ini, ada dua peristiwa yang menarik perhatian kita. Pembasuhan kaki yang dilakukan oleh Yesus: Yesus merendahkan diri-Nya, dan dengan sikap ini Ia membuat kita memahami apa yang telah Ia katakan: “Aku datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani” (bdk Mrk 10:45). Ayat ini mengajarkan kita jalan pelayanan.

 

Peristiwa lainnya – menyedihkan – adalah pengkhianatan Yudas yang tidak mampu mengamalkan kasih, dan kemudian uang, keegoisan membawanya kepada hal buruk ini. Tetapi Yesus mengampuni segala sesuatu. Yesus senantiasa mengampuni. Ia hanya meminta kita memohon pengampunan.

 

Suatu ketika, saya mendengar seorang wanita tua yang bijaksana, seorang nenek tua, dari kalangan umat… Ia mengatakan hal ini: “Yesus tidak pernah lelah mengampuni: kitalah yang lelah memohon pengampunan.” Hari ini kita memohon rahmat Tuhan agar kita tidak lelah memohon pengampunan.

 

Kita semua selalu saja mengalami kegagalan kecil maupun kegagalan besar: setiap orang mempunyai kisahnya masing-masing. Tetapi Tuhan selalu menantikan kita, dengan tangan terbuka, dan tak kenal lelah dalam mengampuni.

Sekarang kita akan melakukan tindakan yang sama seperti yang dilakukan Yesus: membasuh kaki kita. Tindakan ini adalah sikap yang menarik perhatian dalam panggilan pelayanan. Kita memohon kepada Tuhan agar kita bertumbuh, kita semua, dalam panggilan pelayanan.


Terima kasih.

_____

(Peter Suriadi - Bogor, 29 Maret 2024)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.