Liturgical Calendar

PAUS FRANSISKUS DALAM MISA 9 November 2013 : HARI PESTA MENGINGATKAN KEMBALI RAHMAT, DASAR, PEMBAHARUAN GEREJA



Bacaan Ekaristi : Yeh 47:1-2,8-9,12; Mzm 46:2-3,5-6,8-9;; 1Kor 3:9b-11,16-17; Yoh 2:13-22

Pada misa pagi di Casa Santa Marta, Paus Fransiskus menggarisbawahi Pesta Pemberkatan Basilika Lateran, yang dirayakan Gereja merayakan pada hari Sabtu 9 November 2013.

Paus mengingatkan kembali bagaimana hari pesta juga merupakan pesta kota Roma, Gereja Roma dan Gereja semesta. Basilika Lateran (atau Basilika Santo Yohanes Lateran di Roma) adalah katedral Roma dan "Bunda semua gereja urbe et orbe".

Paus membahas "tiga ikon" dalam bacaan-bacaan hari itu, yang berbicara tentang Gereja. Dari bacaan pertama dari Yehezkiel dan dalam Mazmur 45, ikon sungai yang mengalir dari Bait Allah dan yang di dalamnya kota Allah bersukacita adalah gambaran rahmat yang menopang dan memelihara kehidupan Gereja. Dalam bacaan kedua dari surat Santo Paulus kepada jemaat di Korintus, ikon batu, yaitu Yesus Kristus, adalah dasar yang padanya Gereja dibangun.

Bacaan Injil tentang penyucian Bait Allah adalah ikon pembaharuan Gereja - "Ecclesia sempre reformanda" - karena para anggota Gereja selalu orang-orang berdosa dan membutuhkan pertobatan.

Paus mengakhiri dan mengundang umat untuk berdoa agar Gereja dapat selalu membiarkan air rahmat mengalir, sehingga dapat selalu dibentuk pada Kristus dan tetap setia, dan agar para anggotanya mengijinkan diri mereka untuk selalu diubah oleh Yesus.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.