Liturgical Calendar

PAUS FRANSISKUS DALAM MISA 3 Desember 2013 : KITA TIDAK DAPAT MEMIKIRKAN TENTANG GEREJA TANPA SUKACITA



Bacaan Ekaristi : Yes 11:1-10; Luk 10:21-24


Selama Misa paginya 3 Desember 2013 di Casa Santa Marta, Paus Fransiskus mengatakan kepada umat bahwa Gereja harus selalu bersukacita seperti Yesus. Mengomentari bacaan pertama dari nabi Yesaya (11:1-10), yang berbicara tentang perdamaian yang akan dibawa Mesias, Bapa Suci mengatakan bahwa itu memberikan pandangan sekilas ke dalam jiwa Yesus yang penuh sukacita. Gereja, beliau mengatakan, dipanggil untuk meneruskan sukacita ini bagi semua orang.


"Kita tidak begitu terbiasa memikirkan tentang Yesus yang tersenyum, bersukacita”, beliau berkata. “Yesus penuh sukacita - penuh sukacita. Dalam keintiman dengan Bapa-Nya : "Ia bersukacita dalam Roh Kudus dan memuji Bapa". Merupakan misteri batin Yesus, hubungan dengan Bapa dalam Roh tersebut. Merupakan sukacita batin-Nya, sukacita sanubari-Nya yang Ia berikan kepada kita.

Sukacita Kristiani, beliau melanjutkan, adalah sukacita Kristus yang sama. Kristus juga menginginkan mempelai-Nya, Gereja, memiliki sukacita yang sama.

"K
ita tidak dapat memikirkan tentang sebuah Gereja tanpa sukacita dan sukacita Gereja adalah ini : memaklumkan nama Yesus. Katakan : Dialah Tuhan, kata Paus. "'Mempelaiku adalah Tuhan. Adalah Allah. Dia menyelamatkan kita, Dia berjalan bersama kita’. Dan itu adalah sukacita Gereja, yang dalam sukacita seorang istri ini menjadi seorang ibu."

Berbicara tentang Injil hari itu (Luk 10:21-24), yang mengingatkan Yesus memuji Allah karena mewahyukan diri-Nya bukan bagi orang-orang bijak tetapi bagi orang-orang kecil, Paus mengatakan bahwa doa Kristus adalah sebuah "pernyataan dogmatis" tentang damai sejahtera dan sukacita yang datang dari berdoa dan evangelisasi.

"Semoga Tuhan memberi kita seluruh sukacita ini, sukacita Yesus ini, memuji Bapa dalam Roh. Sukacita Gereja ibu kita dalam evangelisasi ini, dalam memaklumkan Mempelainya", Paus mengakhiri.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.