Liturgical Calendar

HOMILI PAUS FRANSISKUS DALAM MISA 23 Februari 2016 : DIALEKTIKA ANTARA BICARA DAN TINDAKAN

Bacaan Ekaristi : Yes 1:10,16-20; Mat 23:1-12.

Tidak ada gunanya menyebut diri kita orang-orang Kristen, karena "Allah bersifat mengamalkan", dan apa yang penting bukanlah perkataan melainkan tindakan. Paus Fransiskus memaparkan kembali dasar-dasar kehidupan Kristen, dan mengajak pemeriksaan batin berdasarkan Sabda Bahagia dan, khususnya, berdasarkan kesaksian seseorang dalam keluarga. Inilah tema pokok homilinya dalam Misa harian Selasa pagi, 23 Februari 2016, di Casa Santa Marta, Vatikan.

"Liturgi Sabda hari ini memperkenalkan kepada kita tentang dialektika Injil antara berbuat dan berbicara", Paus Fransiskus memulai, mengacu pada bacaan hari itu dari nabi Yesaya (1:10, 16-20). "Tuhan memanggil umat-Nya untuk bertindak". Ayolah, mari kita beralasan bersama-sama". Mari kita beralasan dan "berhenti berbuat jahat, belajar untuk berbuat baik; mencari keadilan, penindasan yang benar; membela yatim, memohon janda". Dengan kata lain, "tindakan, melakukan hal-hal", karena "Allah bersifat mengamalkan".

Setelah semuanya, Yesus sendiri berkata : "Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga". Dengan demikian, "bukan mereka yang berbicara" dan itu semua, tapi mereka "yang telah melakukan kehendak Bapa". Jadi Paus Fransiskus mengingatkan bahwa "Tuhan mengajarkan kita jalan tindakan". Dan, beliau menambahkan, "seberapa sering kita menemukan orang-orang - termasuk diri kita sendiri - begitu sering di Gereja" yang menyatakan : "Aku sungguh Katolik". Mereka seharusnya ditanyai, "apa yang kamu lakukan?". Misalnya, Paus Fransiskus mencatat, "berapa banyak para orang tua mengatakan mereka Katolik, tetapi tidak pernah punya waktu untuk berbicara dengan anak-anak mereka, bermain dengan anak-anak mereka, mendengarkan anak-anak mereka?". Mungkin, beliau melanjutkan, "mereka memiliki para orang tua mereka di rumah peristirahatan, tetapi mereka selalu sibuk dan tidak bisa pergi untuk mengunjungi mereka, membiarkan mereka ditinggalkan di sana". Namun mereka mengulangi : "Aku sungguh Katolik. Aku milik lembaga itu ... ".

Sikap ini, Paus Fransiskus menyatakan, khas "agama perbincangan ini : Aku mengatakan bahwa aku seperti ini, tetapi aku melakukan hal-hal secara duniawi. Seperti para ahli Taurat yang dibicarakan Yesus". Mereka "suka dilihat, mereka lebih menyukai kesombongan mereka, tetapi bukan keadilan; mereka suka disebut 'pakar'; mereka suka berbicara tetapi tidak berbuat".

Situasi ini juga mengingat dalam bagian Injil hari ini, diambil dari Matius, Bab 25 (1-12). "Mari kita berpikir", Paus mengatakan, "tentang orang-orang 10 gadis yang senang, karena malam itu mereka harus pergi dan bertemu mempelai laki-laki. Mereka bahagia! Tapi lima melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan dalam rangka memenuhi mempelai laki-laki; lima lainnya memiliki kepala mereka di awan ". Dengan demikian, lanjutnya, saat "mempelai laki-laki tiba mereka tidak memiliki minyak: mereka bodoh".

Situasi ini juga diingatkan dalam bagian Injil hari itu, yang diambil dari Matius (25:1-12). "Mari kita berpikir", Paus Fransiskus mengatakan, "tentang 10 orang gadis yang bahagia itu, karena malam itu mereka dianjurkan pergi dan bertemu mempelai laki-laki. Mereka bahagia! Tetapi lima orang gadis melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan dalam rangka bertemu mempelai laki-laki; lima lainnya memiliki kepala mereka di awan". Dengan demikian, beliau melanjutkan, saat "mempelai laki-laki tiba mereka tidak memiliki minyak : mereka bodoh".

"Berbicara dan tidak melakukan adalah penipuan", Paus Fransiskus memperingatkan. Dan "penipuanlah yang benar-benar mengarah ke kemunafikan". Persis sama "ketika Yesus berkata kepada para ahli Taurat tersebut". Tetapi "Tuhan bahkan melangkah lebih jauh : apakah Tuhan mengatakan kepada orang-orang yang mendekat kepada-Nya dengan berbuat?". Kata-kata-Nya adalah : "Datanglah sekarang, marilah kita beralasan bersama-sama! Sekalipun dosa-dosa kalian merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; meskipun mereka merah seperti kain kesumba, akan menjadi seperti seperti wol".

Dengan demikian, Paus Fransiskus menjelaskan, "kerahiman Tuhan adalah dalam berbuat". Sehingga bagi "orang-orang yang mengetuk pintu dan berkata : 'Tetapi Tuhan, ingat bahwa aku berkata ... '", Ia menjawab : "Aku tidak mengenalmu!". Sebaliknya, bagi mereka "yang berbuat", Ia berkata : dosa-dosamu "merah seperti kirmizi, kamu akan menjadi putih seperti salju". Inilah bagaimana "kerahiman Tuhan pergi menemui orang-orang yang memiliki keberanian untuk menghadapi-Nya, tetapi menghadapi-Nya dalam kebenaran, dalam hal-hal yang aku perbuat dan yang hal-hal yang tidak aku perbuat, dalam rangka untuk memperbaiki aku". Dan "inilah kasih Tuhan yang besar, dalam dialektika antara bicara dan tindakan".

Oleh karena itu, Paus Fransiskus melanjutkan, "menjadi orang Kristen berarti tindakan : melakukan kehendak Allah". Dan pada "hari terakhir - karena kita semua akan memilikinya - apa yang akan Tuhan tanyakan kepada kita? Apakah Ia akan bertanya kepada kita : 'Apa yang telah kamu katakan tentang Aku?'. Tidak! Ia akan bertanya tentang hal-hal yang telah kita perbuat". Ia akan bertanya kepada kita tentang "hal-hal praktis : 'Aku lapar dan kamu memberi Aku makan; Aku haus dan kamu memberi Aku minum; Aku sakit dan kamu melawat Aku; Aku di dalam penjara dan kamu datang kepada-Ku'". Karena "ini adalah kehidupan Kristen". Di sisi lain, "bicara dengan sendirinya menuntun kita kepada kesombongan, kepada kepura-puraan menjadi orang Kristen. Tetapi tidak, orang Kristen tidak seperti ini!".

Ketika Paskah menjelang, "di jalan pertobatan Masa Prapaskah ini", Paus Fransiskus mengusulkan sebuah pemeriksaan batin, menyarankan beberapa pertanyaan untuk ditanyakan pada diri kita sendiri : "Apakah aku salah satu dari mereka yang banyak bicara tetapi tidak berbuat apa-apa, atau apakah aku berbuat sesuatu? Apakah aku mencoba berbuat lebih banyak?". Tujuannya, beliau berkata, adalah "melakukan kehendak Tuhan agar supaya berbuat baik bagi saudara-saudaraku, bagi mereka yang dekat denganku".

Sebagai penutup, sebelum kembali ke perayaan Ekaristi, Paus Fransiskus berdoa agar "Tuhan menganugerahkan kita kebijaksanaan untuk dengan tepat memahami perbedaan antara bicara dan tindakan ini, serta mengajarkan kita jalan berbuat dan membantu kita untuk mengambil jalan itu, karena jalan bicara mengarah ke tempat di mana para ahli Taurat berada, para imam yang gemar berdandan dan hidup seolah-olah mereka adalah para raja". Tetapi "ini bukan kenyataan Injil!". Jadi beliau berdoa agar "Tuhan mengajarkan kita jalan ini".

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.